Ngulik WordPress

Awalna siy gw cm bisa liat dan ngagumin blognya teman gw dan gw tertarik banget buat bikin.. Tapi waktu gw nanya gimana cara bikin dan minta diajarin bikinnya, jawabannya malah ga enak.. “Makanya kuliah di STIKOM.. Gw bisa karna gw kuliah dan ga gampang..” dan ujung-ujungnya dia tetap juga ga mau ngajarin gw.. Huuffs.. Nasib.. Tapi gpp.. Itu hak dia mo ngajarin or ga.. Emangnya gw siapanya dia ya??.. 😦
Hmm.. Mudah2an ilmunya berguna buat dirinya dan orang lain.. Semoga ilmu yang dia dapat dibangku kuliahan bermanfaat dan ga dibawa ke lobang kubur sebelum diamalkan.. 😀 Sorry teman.. Bukannya nyumpahin.. Hehehe..
Gw ga patah arang.. Keinginan harus terkabul dan semua ga bisa diraih hanya cuma duduk pasrah dan terima keadaan.. Hmm.. Banyak jalan menuju roma dan banyak cara buat ngabulin keinginan.. Seperti kata pepatah.. “Tuntutlah ilmu sampai ke Negeri Cina” dan “Tak ada Rotan, akar pun jadi..” 🙂
Sorry.. Gw juga newbie dan masih belajar tapi gw pengen berbagi apa yang gw dapat dari “Kuliah Online” gw.. 😀
So.. Buat agan-agan yang sudah bosan cuma jadi pembaca blog orang lain dan pengen punya blog sendiri mending kalian bikin blog sendiri agar kalian bisa curahkan ungkapan hati, pikiran dan lisan yang pengen diucapkan namun terpendam..

Gw juga newbie dan masih belajar.. jadi yuks kita sama2 belajar di “STIKOM ONLINE”..
Hmm.. Kita berbagi ilmu aja.. Gw juga belajar dari para dosen2 yang baik hati membagi dan mengajarkan ilmunya di “STIKOM Online“.. Ga usah bersedih dan berkecil hati walau ga punya kesempatan “makan” bangku kuliahan karna ilmu tak hanya berupa diktat dan diajarkan dalam kelas.. [Sekalian menghibur diri.. :D]
Sebelum membuat blog, agan-agan harus memiliki email. Hmm.. Anggap aja udah pada punya email ya..

Cara Membuat Blog di WordPress.com

Langkah-langkahnya..

1. Masuk ke http://wordpress.com/ Lalu klik Get Started Here.

2. Isikan alamat blog, User name, Password dan Alamat email Anda.

3. Pada pilihan What language will you be blogging in? pilih bahasa Indonesia atau biarkan saja untuk bahasa standar bawaan wordpress yaitu bahasa Inggris. Kemudian pilih Create blog.

4. Setelah itu, muncul halaman baru untuk memberitahukan bahwa blog Anda akan aktif setelah melakukan registrasi melalui email Anda. Silahkan cek email Anda.

5. Buka kotak masuk email Anda dan lihat pesan dari WordPress.com. Silahkan aktifkan blog Anda dengan megklik tombol Activate Blog.

6. Selesai. Sekarang Anda sudah memiliki blog gratis dari http://wordpress.com

Referensi tulisan ini dikutip dan copas dari diktat..
http://irfanhandi.wordpress.com/2012/02/01/cara-membuat-blog-di-wordpress

Thanx pak dosen..

Cara bikin tulisan ngeblink..

❓ Apa yang Mesti Dilakukan Saat Memulai nge-Blog di WP.com.. ❓

Untuk Pemula

Anda baru saja membuat blog untuk pertama kalinya dengan . Sekarang apa yang harus anda lakukan dengan blog itu?

Coba gunakan cara praktis berikut untuk mengenali isi situs/blog anda.

Metode yang biasa dilakukan untuk memulai nge-blog dengan wordpress.com adalah membuat blog anda tampil cantik. Untuk melakukan itu, pertama membuat 2 buah tulisan kemudian menampilkannya (Publish). Tulisan apa saja, sembarang, yang penting anda perlu belajar bagaimana mengisi blog anda dengan tulisan. Untuk menulis sebuah tulisan (post), klik ” New Post” pada Panel admin wordpress (My Dashboard), isi judul tulisan, mulailah menulis, kemudian letakkan dalam suatu kategori.

Anda dapat membuat beberapa kategori dengan menuliskan kata (atau beberapa kata) di dalam kotak Kategori (biasanya ada di samping kanan Editor Tulisan) kemudian klik Tambah. Dengan nge-klik “Tambah” anda telah membuat kategori baru (tunggu beberapa saat yah). Untuk memilih kategori itu, klik kotak ceklist yg ada di kiri setiap kategori. Kalau sudah siap tulisan anda untuk ditampilkan, Klik saja “Tampilkan”.

Setelah anda mem-publish (menampilkan) 2 tulisan, klik Presentation (Tampilan) ada di menu utama dashboard dan gulung ke bawah untuk memilih/melihat-lihat daftar Tema WordPress yang tersedia. Pilih salah satu tema tadi dengan me-klik-nya kemudian Lihat Situs anda. Coba jelajah situs denagn tema yang telah anda pilih itu, lihatlah bagian front page (halaman depannya), coba lagi bikin tulisan dan menampilkannya, sekali lagi jelajah semua isi situs tadi. Kenali semua sisi-sisi situs dengan tema tadi. Anda menyukainya, opasswordk mulailah nge-blog. Gak suka? Ubahlah dengan tema lain yang tersedia.

Anda telah melakukannya. Penge-blogan telah dimulai.

Ups… perlu ditambahkan, sebelum anda mengakhiri kegiatan per-blog-an jangan lupa untuk mengubah password pemberian WP.com, ganti dengan password buatan anda sendiri sehingga mudah anda ingat.
Thanx..
Copas dari :
http://panduan.wordpress.com/2007/02/22/apa-yang-mesti-dilakukan-saat-memulai-nge-blog-di-wpcom/

1 2

3 comments on “Ngulik WordPress

Silahkan dikomentari..

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s